Ternyata Begini Buya Yahya Jelaskan Hukum Menjawab Adzan di Aplikasi HP, Haram?

Sering mendengar adzan di aplikasi HP, maka haruskah kita menjawabnya lalu bagaimana hukumnya, apakah haram atau malah diperbolehkan? Buya Yahya menjawab

Rahmah Afifah
Senin, 20 Maret 2023 | 21:53 WIB
Ternyata Begini Buya Yahya Jelaskan Hukum Menjawab Adzan di Aplikasi HP, Haram?
Buya Yahya menjelaskan hukum menjawab adzan di aplikasi hp (Youtube/Al-Bahjah TV)

SuaraBandung.id - seorang jemaah kajian menanyakan perihal hukum menjawab adzan di aplikasi handphone (hp) kepada Buya Yahya pada sebuah majlis ilmu.

Buya Yahya kemudian memberikan jawaban terkait hukum yang mengikat terhadap perilaku menjawab adzan yang dikumandangkan melalui aplikasi hp seseorang.

Bahwasanya menjawab adzan di aplikasi hp tidaklah termasuk perbuatan yang disunnahkan sebab Buya Yahya menjelaskan bahwa perilaku ini tidak memenuhi syarat adzan itu sendiri.

Namun bukan berarti tidak dibolehkan sebab dengan menjawab adzan di aplikasi hp tersebut, menurut Buya Yahya adalah bagian dari dzikir sehingga akan berpahala juga.

Baca Juga:Jadwal 10 Pertandingan Terakhir Arsenal di Liga Inggris 2022/2023, Pede Juara?

Beliau juga mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam mengumandangkan adzan diantaranya muadzin (tukang adzan) harus seorang laki-laki, hidup, dan tidak dipanjang-panjangkan durasinya.

"Adapun menjawab adzan dalam arti meniru tukang adzan tersebut, maka hukumnya sunnah. Itupun dengan catatan yang adzan memenuhi syarat, seorang tukang adzankan harus laki-laki kalau perempuan anda tidak disunnahkan menjawabnya dan manusianya hidup bukan dari tip, bukan dari handphone," jelas Buya Yahya pada Senin (20/3/2023).

Adapun aktivitas menjawab adzan yakni seperti yang disebut oleh Buya, menirukan adzan merupakan bagian dari perbuatan sunnah.

Namun berbeda halnya apabila kita memaknai kata 'menjawab adzan' sebagai menjawab dengan adanya perbuatan ibadah shalat maka untuk hal ini hukumnya adalah wajib.

Siapapun yang mendengar adzan telah berkumandang maka telah sampai kepadanya seruan atau ajakan untuk mengerjakan ibadah shalat fardhu.

Baca Juga:Sebut Tas Istrinya KW, SF Hariyanto kini Hadapi Foto Tas Mewah sang Anak!

Baik itu berlaku untuk menjalankan shalat subuh, shalat dzuhur, shalat ashar, shalat maghrib dan shalat isya. Sebab adzan telah menjadi pengingat kepada muslim jika telah memasuki waktunya untuk menjalankan ibadah wajib pada lima waktu. (*)

Sumber: YouTube Al-Bahjah TV

Khazanah

Terkini

Giliran Inge Anugrah yang kini dibandingkan dengan Inara Rusli dalam kasus hak asuh anak. Seperti diketahui, Inge Anugrah memberikan hak asuh anak pada Ari Wibowo dengan alasan ia tidak sanggup untuk membiayai hidup anak-anaknya. Selain itu, Inge Anugrah mengaku tak mengerti hukum.

Hiburan | 16:30 WIB

Selain Natasha Rizky, kini terungkap bahwa ternyata Desta terkesima dengan janda cantik ini. Kabar tersebut viral, usai hebohnya perceraian Desta dengan Natasha Rizky yang kini masih menjadi sorotan. Lantas, siapa janda cantik yang membuat Desta terkesima itu? Simak penjelasan berikut ini.

Hiburan | 16:00 WIB

Penjelasan David da Silva terkait perjuangan dirinya dan tim, guna meraih juara Liga 1 Indonesia mendatang, bersama squad Persib Bandung.

Sport | 15:59 WIB

Simak 3 posisi bercinta yang ampuh bikin wanita capai puncak di ranjang, berikut ini.

Hiburan | 15:45 WIB

Perceraian Desta dengan Natasha Rizky membuat heboh dunia hiburan, warganet pun meyangkan pasangan tersebut harus bercerai. Ditengah kabar mengenai perceraian Desta dengan Natasha Rizky, kini beredar rumor mengenai setelah gugat cerai Desta tidak bisa mengelak usai Vincent Rompies ungkap fakta ini.

Hiburan | 15:30 WIB

Setelah Desta ajukan gugatan cerai kepada Natasha Rizky, kini terungkap bahwa Desta pernah membahas pernikahan lain dengan wanita lain. Seperti diketahui, Desta sepakat untuk memutuskan berpisah setelah menjalani 10 tahun berumah tangga dengan Natasha Rizky.

Hiburan | 15:00 WIB

Viral video Febby Rastanty meringis kesakitan sambil tidur terlentang membuat warganet salah fokus (salfok). Bahkan banyak komentar mereka yang merasa satu pemikiran.

Hiburan | 14:45 WIB

Perjuangan Syarifah Fadiyah Alkaff, siswi SMP yang didzolimi PT RPSL dan Pemkot Jambi ternyata sudah berjalan lama. Selama kurang labeih 10 tahun, perusahaan dan Pemkot Jambi tersebut telah melanggar Perda No.4, sempat datang tawarkan ganti rugi. Namun justru dijadikan alat fitnah.

News | 13:15 WIB

SUARA BANDUNG - Mantan punggawa Ajax Amsterdam cetak gol berkelas saat latihan bersama Persib Bandung, netizen pun heran, simak ulasannya.

Sport | 13:00 WIB

Putri Ariani yang berhasil dapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell di America's Got Talent juga pukau warganet lewat lantunan ayat suci Al Quran yang ia bacakan.

Hiburan | 12:45 WIB

Seorang pengamen berinisial D (23) ditusuk hingga tewas oleh seorang prajurit TNI.

Metropolitan | 16:00 WIB

"Bukan dibakar. Itu hasil penyelidikan sementara, diduga ada upaya bunuh diri."

Metropolitan | 15:33 WIB

Kejadian ini membuat warga sekitar menjadi gempar, salah satunya, Agus.

Metropolitan | 12:38 WIB

Rapat koordinasi Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU.

Metropolitan | 06:52 WIB

"Ini makanya mereka ini dilatih yang mau pelatihan, biar mampu mendapatkan keahlian buat bekerja atau usaha," kata Heru.

Metropolitan | 00:42 WIB

Aldi Taher tak pernah jelas memberikan alasan terjun ke panggung politik.

Gosip | 17:16 WIB

Membalas bully dengan elegan, Ayu Ting Ting pamer kesuksesannya saat ini.

Gosip | 17:05 WIB

Tasya Farasya akhirnya buka suara terkait tudingan Tasyi Athasyia bahwa dirinya pernah menghasur brand untuk menjatuhkan kembarannya.

Gosip | 16:59 WIB

Beberapa artis India ini kedapatan memilih Bali sebagai tempat berlibur.

Gosip | 16:54 WIB

Adegan kekerasan yang tersaji di film G30S/PKI terlalu menyeramkan bagi Fadly Jackson kecil. Saat itu, ia ketakutan setengah mati sampai menangis.

Gosip | 16:44 WIB
Tampilkan lebih banyak