Inilah Waktu Terbaik Membaca Alkahfi di Hari Jumat, Ternyata Pahalanya Melebihi Idul Fitri dan Idul Adha!

Sebuah hadist sahih menyebutkan, barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat. Masya Allah! Banyak persepsi muncul, kapan waktu terbaik pada Jumat untuk membaca surat Alkahfi? Sebagian ulama mengatakan pada waktu magrib pada Kamis malam

Rein Alula
Jum'at, 09 Desember 2022 | 10:10 WIB
Inilah Waktu Terbaik Membaca Alkahfi di Hari Jumat, Ternyata Pahalanya Melebihi Idul Fitri dan Idul Adha!
Waktu Terbaik Membaca Alkahfi di Hari Jumat (Pixabay)


SuaraBandung.id- Hari Jumat adalah hari penuh berkah bagi umat Islam. Bahkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menyebutkan bahwa kemuliaan Jumat melebihi keistimewaan momen Idul Fitri dan Idul Adha.

Maka tak salah, pada hari ini umat Islam pun diingatkan untuk membaca Surat Al Kahfi.

Sebuah hadist sahih menyebutkan, barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat. Masya Allah!

Tak hanya itu saja, bagi para muslim yang membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jumat, niscaya akan menghindarkannya dari fitnah Dajjal.

Baca Juga:Hadapi Peringkat 1 Dunia, Gregoria Perjuangkan Tiket Semifinal BWF World Tour Finals 2022

Banyak persepsi muncul, kapan waktu terbaik pada Jumat untuk membaca surat Alkahfi?

Sebagian ulama mengatakan pada waktu magrib pada Kamis menuju malam Jumat. Ada pula yang mengatakan setelah usai menunaikan sholat Jumat.

Surat Al Kahfi memang memiliki keistimewaan tersendiri.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Baca Juga:Gerah, Pledis Entertainment Bakal Tindaklanjuti Pelanggar Privasi SEVENTEEN

Selain itu, membacanya pada hari Jumat juga akan menghindarkan umat dari fitnah Dajjal yang keji.

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim).

Ternyata selama hari Jumat, waktu tersebut sangat baik untuk membaca surat Al- Kahfi.

Para ulama mengatakan, batasan waktu untuk membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat adalah dimulai dari tenggelamnya matahari pada sore hari Kamis (malam Jumat) sampai pada tenggelamnya matahari pada sore hari Jumat.

Hal ini diperkuat dengan Hadis Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallaahu’anhu:

Artinya, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka ia akan diterangi oleh cahaya, antara dirinya dan al-bait al-‘atiq (ka’bah)”. (HR Darimi: 3407, dan dinilai shahih oleh Al-Albani rahimahullah dalam Shahih Al-Jami’: 6471).

Artinya, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi paa hari jumat, maka ia akan diterangi oleh cahaya diantara dua Jumat tersebut”. (HR Al-Hakim: 2/399, dan dinilai hasan oleh Ibnu Hajar, dan diikuti pula oleh Al-Munawi sebagaimana dalam Faidh Al-Qadir: 6/198, serta dinilai shahih oleh Al-Albani: 6470).

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah berkata tentang hadis ini, “Demikianlah yang terdapat dalam beberapa riwayat, ada yang menyebutkan: siang hari jumat, dan ada yang menyebutkan: malam jumat, keduanya disinkronkan bahwa maksudnya adalah siang hari jumat sekaligus malam jumatnya, atau malam hari jumat sekaligus juga siang harinya”. (Dinukil oleh Al-Munawi rahimahullah dalam Faidh Al-Qadir: 6/199).

Al-Munawi menyatakan, “Maka disunatkan membacanya (surat Al-Kahfi) pada siang hari Jumat, demikian pula pada malam harinya, sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Syafi’i rahimahullah”. (Faidh Al-Qadir: 6/198).

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka seluruh waktu pada hari Jumat adalah saat terbaik untuk membaca surat Al Kahfi.***

Khazanah

Terkini

Rebecca Klopper mengakui sering diapeli Rizky Pahlevi di hotel saat masih berpacaran, kini sang mantan justru diduga jadi oknum penyebar video syur 47 detik yang mirip kekasih Fadly Faisal tersebut.

Hiburan | 22:30 WIB

Salah satu postingan foto Rebecca Klopper bikin salfok netizen. Bahkan ada yang menuding kekasih Fadly Faisal itu tengah hamil, sebelum skandal video syur tersebar luas ke publik.

Hiburan | 20:30 WIB

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto sampaikan permintaan maaf, usai aksi copot-pasang kabel ties yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo menjadi kontroversi publik. Terlebih, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Trunoyudo sebelumnya yang mengatakan video itu adalah editan, menjadi viral.

News | 19:44 WIB

Video Mario Dandy melepas-pasang kabel ties menjadi viral. Polda Metro Jaya menyebut bahwa video tersebut hanya editan. Namun, publik tidak percaya dan geram hingga menyerang akun Instagram @poldametrojaya.

News | 19:20 WIB

Rebecca Klopper pernah mengaku bahwa orang tuanya mengetahui semua perbuatannya, kecuali satu hal. Simak selengkapnya di bawah ini.

Hiburan | 17:30 WIB

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla mengungkapkan komposisi pemain Maung Bandung untuk mengarungi Liga 1 2023/2024, ini bocorannya.

Sport | 16:30 WIB

Dewi Zuhriati selaku istri Haji Faisal sangat marah saat video syur 47 detik Rebecca Klopper disinggung oleh netizen, simak ulasannya.

Hiburan | 16:00 WIB

Video lawas Rebbecca Klopper bersama Fadly Faisal yang sempat dibandingkan dengan Dinar Candy, ramai lagi. Kali ini, warganet menyoroti bagian tubuh Becca yang nampak menonjol dan 'gede', sampai ada yang bilang seperti seseorang yang sudah pernah punya bayi.

Hiburan | 15:30 WIB

SUARA BANDUNG - Partai Demokrat diketahui menjadi salah satu yang mendukung bakal calon presiden 2024 Anies Baswedan. Sekarang dukung Prabowo? Cek faktanya.

News | 15:00 WIB

Gempar, jagat dunia maya dihebohkan oleh rumor jika Jusuf Kalla ternyata terlibat korupsi mega proyek, benarkah? Cek fakta kebenarannya.

News | 14:30 WIB

Satu pelaku perampokan memaksa pegawai minimarket untuk menyerahkan kunci brankas uang sambil menodongkan pistol

Metropolitan | 18:21 WIB

Tak hanya memukul wanita, pelaku juga memukuli sopir yang menegurnya karena menyerobot antrean SPBU

Metropolitan | 18:16 WIB

Trunoyudo juga menegaskan penyidik akan secara proporsional dan profesional dengan mengedepankan scientific crime investigation

Metropolitan | 18:09 WIB

Karyoto merasa bertanggung jawab atas ramai pemberitaan terkait Mario Dandy

Metropolitan | 15:45 WIB

"Pelaku dua orang ditangkap di Tanah Abang. Salah satu pelaku merupakan residivis," ujar Hengki

Metropolitan | 12:18 WIB

Kondisi Angela Lee bikin khawatir.

Gosip | 00:05 WIB

Azriel Hermansyah meluapkan kekesalannya terhadap oknum yang disebut-sebut tak senang jika melihat keluarganya akur.

Gosip | 23:30 WIB

Video berdurasi enam menit 48 detik itu menggunakan foto Inara Rusli bersama Ivan Gunawan dan seorang laki-laki yang tidak diketahui siapa.

Gosip | 22:35 WIB

Reaksi Mulan Jameela saat membimbing Lesti Kejora latihan bareng Ahmad Dhani jadi perhatian netizen. Mengapa?

Gosip | 22:23 WIB

Indra Bekti dan Aldila Jelita masih berhubungan baik meski sudah bercerai.

Gosip | 21:53 WIB
Tampilkan lebih banyak